I wish you could learn some knowledge you want. So, enjoyed.

Pengenalan Cara Transaksi Online

Wow, peradaban manusia semakin berkembang dan teknologi pun demikian. Dulu, pembayaran dilakukan dengan memakai uang kartal dan giral. Namun, sekarang sudah lebih maju lagi.
Sekarang kita bisa menyimpan uang layaknya memiliki bank sendiri melalui Internet, tetapi tidak berbunga seperti di bank. Kita pun tidak usah repot-repot ke bank untuk menggunakan uang yang disimpan karena memang uang tersebut digunakan khusus untuk transaksi online.
Tunggu dulu, perkembangan Internet pun ditanggapi serius oleh perbankan, sehingga sekarang juga banyak bank mengeluarkan service transaksi online. Berbeda dengan yang pertama, service yang dimiliki oleh bank tentu lebih tinggi. Fasilitas transaksi online yang dimiliki bank dapat mencakup, pembelian pulsa, pembayaran listrik, pembayaran air, dan pembelian secara online lainnya. Selain itu, bank juga memiliki fasilitas transfer antar rekening, transfer antar bank, melihat history atau daftar transaksi yang telah dilakukan, melihat jumlah saldo, dan lain-lain.

Kita bisa menyimpan uang secara virtual sebagai alat pembayaran online. Apa saja yang dapat dibayar secara online? Ada banyak, seperti web hosting, pembelian domain, dan pembelian jasa email dengan kapasitas yang lebih tinggi (extend / upgrade). Bahkan, barang seperti boneka, audio recorder, iPad, iPod, dan mobil dapat dibayar secara online.

Cara Transaksi Online Banking

Transaksi online banking dapat digunakan apabila sudah memiliki account atau rekening pada bank yang bersangkutan, dan telah memenuhi segala prosedur yang ada. Seperti misalnya Bank Mandiri, untuk melakukan login ke account online kita harus memiliki username dan password yang dikeluarkan oleh pihak Bank Mandiri terlebih dahulu. Pada tahap ini sebenarnya kita bisa memilih username dan password yang hendak dipakai. Namun, prosesnya harus melalui costumer service dan jika ada lupa password bisa memakan waktu sekitar 3 hari. Makanya kalau password harus diingat betul.
Pada Bank Mandiri, dengan menggunakan username dan password kita sudah bisa masuk ke dalam account bank secara online, tetapi belum bisa melakukan transaksi. Kok begitu?
 

Kebanyakan bank termasuk Bank Mandiri menggunakan alat bernama Token sebagai cara transaksi online. Kalau Bank BCA nama alatnya KeyBCA.
Gambar di samping adalah Token Bank Mandiri yang dapat dibeli di Bank Mandiri seharga Rp 20.000. Cara kerjanya cukup sederhana, tekan tombol merah untuk menyalakan, lalu masukkan password token dan token siap untuk menerima perintah transaksi.
Pada awalnya, password token dapat diperoleh dari costumer service pada bank bersangkutan. Nantinya, password yang diperoleh tadi dapat diganti secara bebas maksimal dan minimal 6 karakter/huruf (Token Bank Mandiri).

Cara Transaksi Online PayPal

Transaksi online dapat dilakukan apabila sudah mendaftar pada website penyedia jasa penyimpanan uang online dalam hal ini PayPal. Jasa ini dapat disebut juga bank tidak berbunga karena memang uang yang disimpan tidak akan bertambah, tetapi untuk penyimpanan uang tidak dikenakan biaya  bulanan. PayPal hanya mengenakan charge / biaya pada transaksi komersial seperti pembelian atau penjualan. Kalau pengiriman uang kepada teman tidak dikenakan biaya.
Syarat mendaftar di PayPal adalah memiliki kartu kredit (credit card) yang dapat diperoleh dari bank, atau Virtual Credit Card (VCC).
Langkah untuk mendaftar PayPal, yaitu:
  1. Buka -> PayPal
  2. Di bagian bawah klik Sign Up Today!
  3. Tentukan apakah ingin membuat akun Personal (hanya melakukan pembelian online), Premier (penjualan dan pembelian online), atau Business (untuk daftar dengan nama perusahaan). Jika sudah silakan klik Get Started.
  4. Data penting yang harus dimasukkan yaitu nama depan, nama belakang, alamat rumah, alamat email, tanggal lahir, password, kode pos dan telepon.
  5. Nanti juga harus disertakan nama pada kartu kredit, nomor kartu kredit, bulan/tahun valid kartu kredit, 4 angka dibelakang nomor kartu kredit (biasanya terletak pada bagian belakang kartu kredit), dan alamat rumah.
  6. Jika informasi kartu kredit yang dimasukkan benar, nanti PayPal akan mengurangi atau memakai kartu kredit kurang lebih $1-$1.95 untuk verifikasi, setelah itu dikembalikan lagi.
  7. Setelah beberapa hari, cek informasi kartu kredit apakah ada transaksi dari PayPal. Kalau ada, pastikan ada empat digit kode transaksi, lalu masukkan kode tersebut pada account PayPal yang telah dibuat. Kalau belum ada kodenya tunggulah beberapa hari ke depan.
  8. PayPal Verified! dan dapat digunakan untuk transaksi online!
Cara transaksi online menggunakan PayPal cukup mudah. Untuk mentransfer dana, atau membeli produk:
  1. Klik Send Money pada halaman account PayPal
  2. Masukkan alamat email si penjual yang menggunakan PayPal
  3. Masukkan jumlah uang yang hendak dikirim
  4. Pilih jenis transaksi personal payments (personal payments tidak dikenakan biaya transaksi) atau online purchases, pilih opsi yang tersedia.
  5. Klik continue, otomatis pindah ke halaman berikutnya.
  6. Lalu, klik Send Money.
  7. Uang terkirim!
Cukup mudah kan? Atau sulit? :roll: Bagi yang bingung bisa saya bantu membuat akun yang ready kok paling sekitar 5-7 hari sudah siap pakai :mrgreen: tapi kalau PayPal-nya sudah jadi, kirim $5 yah hehehehe.

Tips Standar Transaksi Online

Ada beberapa tips standar dalam transaksi online yang sangat disarankan harus dipatuhi, yaitu:
  • Jangan share password.
  • Jangan gunakan komputer warnet, gunakanlah komputer / laptop sendiri.
  • Pastikan tidak ada virus di komputer.
  • Gantilah password paling tidak 2 bulan sekali.
  • Keluarlah dari akun ketika selesai melakukan transaksi.
  • Untuk PayPal, jangan pernah mengirim uang ke akun yang belum verified karena akun PayPal kemungkinan bisa dihanguskan atau banned.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.