I wish you could learn some knowledge you want. So, enjoyed.

Istilah Dalam Blogging

Banyak istilah yang digunakan para blogger dalam dunia blogging. Banyak dari kita termasuk aku yang bingung saat dihadapkan dengan istilah dalam blogging. Berikut ini adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam blogging.
BLOG
Adalah singkatan dari Weblog. Yaitu sebuah situs web yang berisi bahan tertulis, link atau foto yang dipost pada waktu tertentu, biasanya milik individu atau personal.
BLOGGER
Seseorang yang membuat dan mengelola blog.
BLOGOSPHERE
Kumpulan Blog, atau bisa juga disebut komutitas Blogging.
BLOGROLL
Daftar eksternal link yang ada pada sebuah blog, tepatnya link ke blog lain dan biasanya berada pada kolom di homepage. Seringkali link yang tercantum adalah “sub-community” dari teman-teman sesama blogger.
BLOGWARE
Software yang digunakan untuk mengelola sebuah Blog.
COMMENT SPAM
Komentar spam, Sama seperti e-mail spam. Robot “spambots” membanjiri sebuah blog dengan komentar palsu yang hanya berisi iklan. Banyak yang menganggap ini masalah serius yang membuat blogger dan blog platform untuk memiliki tool untuk memblokir beberapa pengguna atau beberapa
alamat komentar.
CONTENT SYNDICATION
Bagaimana penulis Blog atau administrator menjadikan semua atau bagian dari konten yang tersedia untuk posting pada Blog lain.
META TAG
Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang dipakai untuk mengaplikasikan metadata dalam suatu halaman web atau blog. Baca postingan berikut untuk penjelasan lebih jauh mengenai Meta Tag
MOBLOG
Singkatan dari “Mobile Blog”. Yaitu sebuah Blog yang dapat diupdate dimanapun, seperti menggunakan ponsel atau PDA.
PERMALINK
Singkatan dari “Permanent Link”. Yaitu alamat url setiap item yang diposting di sebuah blog yang secara permanen ditetapkan untuk satu halaman posting saja pada blog.
PHOTOBLOG
Yaitu sebuah blog yang hanya terdiri dari photo, yang diposting secara terus menerus. Photo blog banyak pula digunakan sebagai portfolio dari seorang designer atau photografer.
PODCASTING
Singkatan dari “iPod” dan “broadcasting”. Yaitu Posting Audio dan Video pada blog dan juga RSS feed, biasanya untuk digital player.
POST
Item yang diposting di sebuah blog. Dapat beisi materi, pesan atau berita, atau hanya foto atau link. Biasanya item pendek, termasuk link eksternal, dan pengunjung dapat memberikan komentar.
RSS (REALLY SIMPLE Syndication)
Sebuah cara untuk menangani item terbaru pada sebuah situs web, khususnya untuk blog.Karena pembaca dapat menerima tanda kapan blog favorit mereka diperbarui. RSS juga dapat “Mengindikasikan” konten lainnya yang memungkinkan website untuk mereproduksi semua atau bagian dari situs konten. Menyebarkannya dengan cepat, terutama pada media web seperti mesin pencari.
RSS Aggregator
Perangkat lunak atau layanan online yang memungkinkan blogger untuk embaca RSS feed, terutama posting terbaru pada blog favorit. RSS Aggregator juga disebut reader, atau feedreader.
RSS feed
File yang berisi posting blog terbaru. File ini dapat dibaca oleh RSS aggregator / reader dan sekaligus menunjukkan ketika sebuah blog telah diupdate.
SPLOG
Singkatan dari “spam blog”.
TRACKBACK
Sebuah cara pada situs Web agar dapat berkomunikasi secara otomatis dengan memberikan sinyal bahwa item yang diposting di sebuah blog merujuk ke item sebelumnya.
WIKI
Berasal dari Hawaii, yaitu kata “wikiwiki” (cepat). Yaitu sebuah situs web yang dapat dengan mudah dan cepat diperbaharui oleh pengunjung. Blog dan wiki ada beberapa kesamaan tetapi agak berbeda.
Mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu kamu untuk terus ngeblog, bila ada istilah yang salah salah diartikan, aku mohon koreksinya. Dan jika dirasa ada yang kurang, aku mohon ditambahkan untuk selanjutnya aku masukan dalam list istyilah diatas.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.